Arsitek Bangun Rumah

Kontraktor Bangunan, Kenali Jenis dan Cara Memilihnya

Kontraktor bangunan di Indonesia ini sangat banyak sekali jenisnya. Dari kontraktor finishing arsitektur, kontraktor struktur bangunan, kontraktor bekisting, kontraktor mekanikal, hingga kontraktor listrik. Sedemikian banyaknya kontraktor yang tersedia di Indonesia, Anda harus hati-hati dan selektif saat hendak menggunakan jasa mereka. Anda pun harus tahu apa sebenarnya kontraktor dan peran apa yang mereka lakukan? Apa perbedaan mereka dengan pemborong rumah? Dan bagaimana cara memilih kontraktor untuk bangunan terbaik?

Nah, semua pertanyaan tersebut dapat Anda jawab dengan melihat dan membaca ulasan kami ini. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui apa itu kontraktor, bedanya kontraktor dengan pemborong dan bagaimana caranya memilih kontraktor di Bandung yang terbaik. Simak.

Tentang kontraktor bangunan, jenis dan cara memilihnya

Kontraktor Bangunan Kontraktor Bangunan, Kenali Jenis dan Cara Memilihnya

Apa itu kontraktor?

Kontraktor merupakan seorang atau badan yang menyediakan jasa pelaksana kontruksi. Kontraktor ini merupakan bidang usaha yang memberikan pelayanan berupa jasa laksana dalam hal pembangunan. Kontraktor lebih akrab dikenal sebagai pemborong rumah oleh masyarakat Indonesia. Artinya, kontraktor adalah mereka yang menyediakan jasa pembuatan rumah secara paket dan borongan.

Jenis kontraktor

Kontraktor sangat banyak macamnya, berikut detailnya;

Kontraktor yang bekerja di bidang arsitektur, kontraktor yang bekerja di bidang elektrikal, kontraktor yang bekerja di bidang mekanikal, pekerjaan terintegrasi, kontraktor bidang sipil, dan tata lingkungan. Dari 6 garis besar kontraktor tersebut, masih ada bagian atau jenis-jenis detail pada masing-masing bagian.

Cara memilih kontraktor bangunan yang baik

Saking banyaknya jasa kontraktor, Anda harus pintar dalam menyeleksi mereka. Kami bagi tipsnya dalam paparan di bawah ini;

Pertama, jujur

Carilah kontraktor yang reputasinya baik dan jujur dalam segala hal. Jangan sampai Anda tertipu. Karena uang yang Anda keluarkan ini bukanlah uang jajan yang jumlahnya hanya berapa ratus ribu rupiah saja. Anda bisa memilih kontraktor yang direkomendasikan oleh arsitek Anda, teman, keluarga, atau sahabat dekat.

Kedua, memiliki jaringan yang luas

Jaringan yang luas adalah satu syarat penting yang tidak terelakkan saat Anda memakai jasa kontraktor. Sebab merekalah yang akan memilih pekerja untuk membuat bangunan rumah Anda. Dengan jaringan luas, mereka akan dengan mudah menemukan pekerja dengan kredibilitas yang baik. Tidak hanya itu, jaringan luas ini juga sangat berfungsi manakala membeli material dengan harga yang murah karena sudah langganan. Jaringan luas yang dimaksud di sini juga berhubungan dengan jaringan badan pertanahan agar surat tanah Anda bisa dibuat dengan mudah. Salah satunya jasa dari arsitekbangunrumah.com yang juga menyediakan paket IMB.

Ketiga, perhatikan kontrak dan kesepakatan

Buatlah kesepakatan dan detail dan kontrak yang jelas saat memilih kontraktor bangunan. Dengan kontrak dan kesepakatan yang detail, Anda bisa mengamati keseluruhan proses dengan nyaman, harga yang bisa ditekan, dan tentu saja aman serta menguntungkan bagi kedua belah pihak.