Arsitek Bangun Rumah

Tips Desain Rumah 2 Lantai Modern Terbaru

Memiliki hunian dengan desain rumah yang kompatibel dengan seluruh anggota keluarga memang membahagiakan. Namun terkadang, saat anggota keluarga bertambah, banyak yang belum siap untuk menambah ruangan. Salah satu solusi yang dapat ditempuh saat Anda ingin menambah ruangan tetapi tidak ada lahan adalah dengan menambah lantai rumah Anda. Dengan kata lain, Anda bisa membangun rumah 2 lantai dengan lantai pertama adalah rumah Anda yang sekarang. Atau opsi lainnya adalah Anda merenovasi total rumah Anda dengan mengganti beberapa ruangan menjadi rumah 2 lantai yang modern. Apapun yang Anda pilih, poin-poin di bawah ini harus diperhatikan saat Anda mendesain rumah 2 lantai. Simak ulasannya di bawah ini.

Ini dia tips desain rumah 2 lantai modern terbaru

Tips Desain Rumah 2 Lantai Modern Terbaru Tips Desain Rumah 2 Lantai Modern Terbaru

Pertama, perhatikan panas rumah

Panas rumah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari usaha mendesain rumah. Arah rumah Anda dapat menentukan panas atau tidaknya rumah Anda. Sangat baik jika rumah Anda menghadap ke selatan atau utara, karena itu tandanya Anda cukup membuat jendela di bagian samping kanan atau kiri rumah untuk membuat sirkulasi udara lancar dan meminimalkan panas yang ada di dalam rumah. Reduksi panas ini harus dilakukan dengan tujuan agar panas yang masuk dalam rumah (akibat penambahan lantai) dapat diimbangi dengan udara yang masuk dalam rumah. Sehingga saat panas, rumah juga tidak akan terlalu panas, dan saat dingin rumah tidak akan lembab.

Kedua, perhatikan tinggi atap

Ketahui tujuan pembuatan ruangan lantai 2, jika itu untuk anak, maka perhitungannya akan berbeda dengan dewasa. Namun agar aman, Anda bisa membuat tinggi atap lantai dua sesuai dengan kebutuhan dan kompatibel dengan anak maupun dewasa. Ruangan dengan lantai 2,4 meter mungkin sudah cukup untuk pemakaian orang Indonesia.

Ketiga, kekuatan bangunan dalam menahan beban

Perhatikan kekuatan bangunan yang berguna untuk menahan beban bangunan yang ada di atasnya. Di sini, Anda harus memilih konstruksi bangunan yang kuat. Maka dari itu, pastikan membuat RAB rumah secara rinci sebelum pembangunan rumah 2 lantai. Apalagi, tangga sebagai akses antara lantai satu dan dua juga harus dibuat lebih kuat dan aman. Tidak hanya memperhatikan segi keindahan, desain, maupun estetikanya saja.

Keempat, pemilihan material lantai

Berbeda dengan pembangunan lantai satu, lantai dua harus dibekali dengan lantai yang ringan. Agar beban lantai atas tidak terlalu besar dan berat. Yang di kemudian hari bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, misal rumah roboh atau yang lainnya.

Jika Anda masih kesulitan dalam pembuatan desain rumah 2 lantai ini, silakan konsultasikan kepada ahlinya arsitekbangunrumah.com. Selain dapat membuatkan desain untuk rumah modern 2 lantai, website tersebut juga dapat membantu Anda untuk membuat RAB rumah dan IMB.